Profil LPPM Unikal

Berdasarkan Peraturan Yayasan Nomor 12 Tahun 2012 tentang Rencana Strategis Unikal, Visi Unikal adalah ”menjadi universitas unggulan di bidang IPTEKS yang mampu menghasilkan generasi mandiri, profesional, dan berakhlak mulia pada tahun 2035.

Berdasarkan visi Unikal di atas, Rencana  Strategis  Unikal  menetapkan 4 (empat) Sasaran Strategis.  Salah satunya adalah terlaksananya penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang semakin berkualitas, yaitu menghasilkan lulusan yang unggul, publikasi karya ilmiah yang bermutu tinggi, dan keterlibatan dalam pembangunan bangsa serta menjaga kelestarian alam ciptaan. Sasaran Strategis tersebut dijabarkan dalam berbagai program strategis, yaitu:

  1. Meningkatkan kuantitas  dan  kualitas  pengabdian kepada masyarakat dan publikasi karya ilmiah dosen melalui berbagai dukungan dan pelatihan untuk memperoleh hibah pengabdian kepada masyarakat.
  2. Mengembangkan, memelihara dan menghargai unit-unit pengabdian kepada masyarakat dan publikasi karya ilmiah yang unggul melalui penataan sistem penghargaan (insentif) untuk karya pengabdian kepada masyarakat dan publikasi karya ilmiah.
  3. Mengembangkan, memelihara dan menghargai upaya-upaya untuk menjalin kerjasama di bidang pengabdian kepada masyarakat.
  4. Mengembangkan materi dan proses pembelajaran berdasarkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Mendorong dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang melibatkan berbagai disiplin ilmu untuk mengangkat potensi lokal bagi penyelesaian berbagai masalah yang ada dan nyata di masyarakat.

Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unikal merupakan gabungan Lembaga Penelitian dan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat dibentuk dengan Peraturan Rektor Nomor 170/KEP/D.09.01/XI/1994. Berdasarkan Peraturan Rektor tersebut, fungsi utama Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat adalah mengkoordinasi dan memfasilitasi kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan visi dan misi universitas.

Struktur organisasi LPPM Unikal terdiri atas Ketua, Sekretaris, Koordinator Penelitian, Koordinator Pengabdian kepada Masyarakat, dan beberapa Pusat Kajian meliputi Pusat Kajian Kuliah Kerja Nyata, Pusat Kajian Lingkungan, Pusat Kajian Ekonomi dan Kewirausahaan, Pusat Kajian Pendidikan dan Humaniora, Pusat Kajian Kesehatan dan Pusat Kajian Teknologi dan Sains, Pusat Kajian HaKI.